Rabu, 21 Mei 2008

TEORI PRILAKU by JAMIE

Akhir-akhir ini sedang ngetrend yang namanya demo menuntuk penggantian seseorang karena perilakunya gak baek ato gak sesuai sama yang diharapkan (presiden misalnya). Ato sering kali orang ngegosipin orang disekitarnya karena perilakunya, yang menurut mereka gak bener.

Emang pada dasarnya soal penilaian seseorang terhadap orang lain didasarkan pada persepsi akan apa yg dilihat didengar dan dirasa mengenai orang yang dimaksud. Misalnya gw menganggap seseorang baek karena setiap pagi dia beliin gw sarapan, kalo siang dia beliin gw makan siang, dan kalo malem dia dengan senang hati nraktir gw makan malem (seandainya ada yg bisa kayak gitu). TAPIIIIIIIIIIIII.................. Secara teoritis terlepas dari persepsi kita terhadap orang lain, ternyata prilaku itu merupakan hasil multiplikasi (perkalian - bahasa ndesonya) dari KEPRIBADIAN dan LINGKUNGAN (kalo gak salah rumusnya B = P(E)/Behavior = Personality * Environment)

Kalo dilihat dari apa yang namanya multiplikasi bati ada perkalian (ya iya lah masa ya iya dong) yang bila dilihat dari masing2 varibel, maka perkalian membuatnya menjadi beberapa kali lipat (kalo gak ngerti mending mati aja ---- emang dulu yg ngajar matematika lo sapa sih). Misalnya perkalian 3 x 2 = 6, kalo kita liat dari angka 3 maka dengan dikali 2 angka tiga akan menjadi dua kali lipat yaitu 2, begitu juga sebaliknya (udah ngerti donk sekarang --- kalo belom, buseth dah, makanya otaknya jangan kelamaan didudukin (otak dipantat)). Gw bukan guru matematika jadi gw gak akan nerusin pelajaran matematika (secara di nem (dulu namanya NEM jangan protes), gw dapet merah untuk MATH)

Kembali ke masalah B = P(E),
Ini teori yang ada dikepala gw :

Pertama)
Dengan analogi diatas maka multiplikasi membuat kepribadian seseorang bisa berkali lipat karena lingkungan atau sebaliknya. Lalu pertanyaanya kenapa ada perilaku yang gak sesuai. Kan gak mungkin ada (menurut gw) kepribadian ato lingkungan yang negatif, yang ada kebalik. kalo digambarin pake angka, gada kepribadian ato lingkungan yang -4 (misalnya) yang ada 1/4 (kebalikan dari 4/1)atau dengan kata lain kepribadian dan lingkungan yang kebalikan dari yang ada.
Nah kepribadian ato lingkungan yang kebalik ini bisa menyebabkan disatu sisi salah satu variabel jadi lebih kecil dan yang lainnya lebih besar. Kita Pake contoh matematis misalnya gw punya kepribadian 1/4 (kebalikan dari kepribadian orang pada umumnya), dan lingkungan gw punya angka 8/1 (lingkungan pada umumnya) hasil kalinya kan 2/1. Hal ini berarti dengan adanya kepribadian gw (yag berlawanan) lingkungan bisa jadi melemah, tapi disisi lain adanya lingkungan tersebut memaksa gw beradaptasi melalui perilaku gw (1/4 --> 2/1). Hal ini berlaku kebalikan misalnya kalo kepribadian gw justru 4/1 tapi gw ada dilingkungan yang justru 1/8 (ngerti donk)
Nah masalahnya timbul ketika seseorang dengan kepribadian yang gak sesuai berada di lingkungan yang juga gak sesuai dengan lingkungan umumnya. misalnya kepribadian gw 1/4 dan lingkungan gw juga 1/8, hasilnya prilaku gw 1/32 (pikir aja sendiri artinya apa).

Kedua)
Berdasarkan teori itu jangan pernah berpikir kalo kita ga punya andil terhadap perilaku seseorang. Liat variabel environtment, itu kan artinya lingkungan (dia). Nah lingkungan itu terdiri atas banyak sistem, dan salah satu sitemnya adalah kita, BENER KAN?!?!?!?. Misalnya gini gw dulu punya temen yg gw bilang prilaknya gak bener sebut aja dia pake narkoba.
Gw pikir penyebabnya karena kepribadiannya gak begitu bagus dan keluarganya gak begitu harmonis.tapi ternyata keluarga itu cuma satu diantara sebegitu banyak sistem dalam lingkungan temen gw itu. Dan setelah gw liat lagi bahkan gw sebagai sebuah sistem yg namanya temen juga gak pernah ngebantu ato bahkan ngebilangin dia untuk "keluar". Disini gw punya andil sam perilakunya dia kan. Gw sebuah sistem yang bernilai 1/x di lingkungannya. Udah keluarganya 1/x ditambah gw (temennya) yang 1/x, dll yang 1/x,jadi perilakunya tambah parah kan!!!!

1 komentar:

nDaru mengatakan...

bahasa elu agak bau2 akademis jem, coba deh elu translate ke bahasa sehari2